Olahan Kambing yang Lain

Panggang: Sate Buntel yang sedang dipanggang sebelum disajikan ke pembeli. Foto by Anton Kusnanto
Jika Anda sudah bosan dengan sebagian olahan kambing di Kota Pahlawan, saatnya Anda melirik sate buntal di jalan Karang Menjangan. Nama warungnya sederhana, Depot Karmen 29. Posisinya tidak jauh dari persimpangan dan nampak jelas di kiri jalan. Bagi penikmat kuliner kambing, rasanya benar-benar membuat ketagihan. Satu porsi sate, hanya berisi dua tusuk. Tapi, ukuran keduanya besar-besar. Dinamai sate buntal, karena masing-masing tusuk sate berisi daging kambing sekitar 1 ons dan dibuntal dengan lemak kambing.
Setelah dicelupkan rempah resep khusus, sate dibakar hingga matang dan siap dihidangkan dengan taburan lada serta saos kecap layaknya sate lainnya.

Yummyyy: Seporsi Sate Buntel Karmen 29 ini dipatok 38.000 rupiah. Foto by Anton Kusnanto
Olahan sate ini bukan berasal dari Surabaya, tapi diwariskan turun temurun dari Solo. Sekarang, resepnya sudah dipegang oleh generasi ketiga, yang memilih meramaikan referensi kuliner di Surabaya. "Kami jualan sejak 1987, cabang dari depot Hj. Bedjo Lohjiwetan Solo, mertua saya", kata Khusnul (50), pemiliknya, pada saya.

Khusnul bercerita, tiap hari, dirinya memilih kiriman kambing yang datang dengan seksama. "Selektif Mas. Kami pilih yang gemuk, muda dan tentu sehat", katanya. Hal tersebut tentu untuk menjaga kualitas dan demi menyajikan rasa terbaik dari sate buntal buatannya. Setelah disembelih di rumah potong hewan, daging kambing dicacah, dikepal-kepal, ditusuk lalu dibungkus lemak, sebelum akhirnya dibakar.

Depot Karmen 29 ini selalu ramai saat makan siang hari kerja. Meskipun dengan hanya 5 karyawan, kecepatan dalam menyajikan hidangan sangat baik. "Sekarang punya karyawan Mas. Dulu, kami memulainya dengan rombong kaki lima di situ", seloroh Khusnul sambil menunjuk ke arah luar simpang tiga Karang Menjangan. Harga sate buntal ini sepadan dengan rasanya. Satu porsi dibanderol 38.000 rupiah, belum dengan nasi. Selain sate buntal, juga ada olahan kambing lainnya seperti gule dan tongseng, tapi sate buntal menjadi menu favorit di sini. Minuman yang disediakan juga beragam, dari macam teh, susu dan jeruk.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.