Review Film Avengers: Infinity War; Ekspektasi Memuaskan



Sulit untuk tidak bercerita setelah mengalami pengalaman yang sangat menyenangkan, sangat seru dan memaksa menempatkannya di salah satu ruang ingatan. Nonton The Avengers Infinity War seperti itu. Infinity War seolah memberi pengalaman baru nonton film di beskop. Kita sudah terhenyak sejak menit pertama durasi dimulai. Alur tidak dibuat naik turun, tapi terus menanjak dengan banyak kejutan-kejutan. Alurnya padat sejak lampu beskop padam dan hanya layar yang bersinar terang.

Di luar sana, mungkin diam-diam tanpa sengaja ada spoiler muncul dan terbaca. Bukan karena tidak bisa menjaga etika setelah nonton, tapi itu dampak dari dada yang membuncah ingin mengatakan sesuatu tentang film ini. Bagi sebagian penggemar Marvel. Atau mungkin sebagian banyak orang. Infinity War seolah memberikan banyak detil yang tidak boleh Kau lewatkan hanya dengan berkedip. Tidak boleh Kau abaikan, karena banyak puzzle terangkai dan berkumpul di sini setelah belasan film Marvel sejak 2008 lalu.

Nonton film adalah persoalan rasa yang kita alami sepanjang film diputar. Jadi pengalaman itu tidak bisa sama dan berbeda pendapat itu lumrah. Tapi tidak bisa diingkari sebagai pencinta film superhero dan Marvel, film ini adalah bagian terbaik dari deretan panjang cerita yang sudah dibangun Marvel selama sepuluh tahun lamanya.

Cerita, adalah faktor yang sangat kuat memberikan pengalaman seru di Infinity War. Karenanya, baik kiranya jika Kamu sudah nonton film-film MCU sebelumnya, mungkin baiknya dari Iron Man di 2008. Dengan begitu, Kau akan menikmati semua emosi yang dirasakan semua karakter di MCU yang berkumpul di satu film ini. Kehilangan, kepedihan dan semua kesedihan harus bertemu dengan jiwa ksatria yang harus menekan keegoisan banyak tokohnya.

Tidak hanya emosional, Infinity War berusaha tidak meninggalkan lubang yang akan membuat penonton dan pencintanya bertanya-tanya keheranan. Seperti kemunculan Thanos yang bertahan lama di film ini sebagai super villain. Thanos digambar dengan matang, dengan latar kehidupan yang juga dirasakan banyak makhluk lainnya. Duet super Sutradara Anthony Russo - Joe Russo disokong super penulis Christopher Markus - Stephen McFeely adalah kuartet yang tak bisa dipisahkan dari keberhasilan pengalaman ini.

Meski aksi dan pertarungan padat sejak awal, bukan berarti sisi humor dihilangkan. Canda muncul sebagai pengingat Kamu bernafas sejenak. Tawa itu tentu saja akan mengembang, karena di sana ada tokoh-tokoh yang di film lainnya sudah memberikan kita hal serupa. Sebut saja Tony Stark, Thor, Rocket, Groot dan Peter Quill serta Hulk. Lalu kembali menahan caramu fokus memperhatikan rincian cerita yang tidak boleh diabaikan. Tidak boleh diabaikan, karena perjalanan cerita ini sudah dibangun lama, terpisah di banyak tempat sebelum sampai di Infinity War.

Kejutan? Banyak. Sebaiknya yang belum nonton, hentikan bacanya sampai di sini. Tidak usah diteruskan, karena bisa jadi tulisan selanjutnya seperti spoiler.

Kejutan, ada banyak. Jika Kau mengikuti teaser trailernya sejak pertengahan November 2017 lalu, lalu trailernya yang tayang Maret 2018, Kau akan menemukan banyak kejutan saat nonton filmnya. Banyak scene yang dibuat acak di teaser maupun trailer. Alur ceritanya pun tidak bisa diperkirakan dengan mudah hanya dengan nonton dua cuplikan itu. Termasuk, keributan yang selama ini ada setelah poster pertama muncul. Bahwa si ini dan si itu tidak ada, semuanya terjawab di Infinity War.

Seperti disampaikan di atas, perbedaan pendapat itu wajar. Karena yang merasakan pengalaman itu adalah masing-masing penonton. Ending yang sangat sentimental, latar kehidupan Thanos dan pertemuan dua Sherlock di banyak satu scene. Hal menyenangkan lainnya adalah bisa nonton satu beskop dengan penonton yang antusias, mungkin penggemar MCU. Karenanya, reaksi dan ekspresi bisa seirama dengan seisi beskop.

Satu hal lagi, hanya ada satu post credit title. Cuplikannya mengejutkan dan memberi optimisme sekaligus. Nilai 4.5/5.


Avengers: Infinity War | 2018 | Durasi: 149 menit | Sutradara: Anthony Russo - Joe Russo | Penulis: Christopher Markus - Stephen McFeely | Produksi:  Marvel Studios | Negara: Amerika Serikat | Pemeran: Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Benedict Cumberbatch, Don Cheadle, Tom Holland, Chadwick Boseman, Paul Bettany, Elizabeth Olsen, Anthony Mackie, Sebastian Stan, Danai Gurira, Letitia Wright, Dave Bautista, Zoe Saldana, Josh Brolin, Chris Pratt etc.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.